SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah :
METODOLOGI PENELITIAN PAI-1
Jumlah Kridit :
2 sks
Semester :
V D
Fakultas/Jurusan : FTIK/TMT
Dosen Pengampu :
Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd/NIP.198108012009121004
Blog :
guszainexcellence.blogspot.com/zafazain.blogspot.com
Mobile
Phone : 082142142232 /
(for sms 083846499100)
Standar Kompetensi:
Mahasiswa mampu
memahami dan menjelaskan konsep penelitian ”PAI” serta mengaplikasikannya dalam
proses pembelajaran.
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah kebahasaan
membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup
pendidikan agama Islam baik penelitian kuantitatif maupun penelitian
kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah
konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap
perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok
mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam
penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian
kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6) strategi
menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata
kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan
dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada
akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.
B. Indikator Umum
1.
Menjelaskan pengertian penelitian
pendidikan, ruanglingkup dan tujuan.
2.
Mendeskripsikan
dan menjelaskan penelitian kuantitatif beserta karakteristiknya.
3.
Mendeskripsikan
dan menjelaskan penelitian kualitatif beserta karakteristiknya.
4.
Menunjukkan
perbedaan diantara penelitian kualitatif dan kuantitatif.
5.
Memahami
secara komprehensif penelitian dalam pendidikan.
C. Materi Pembelajaran:
PTM
|
MATERI
|
SUB MATERI
|
I
|
KONTRAK
PERKULIAHAN
|
Kontrak
belajar, penjelasan SAP dan sistem pembelajaran.
|
II
|
KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN
|
a.
Pengertian penelitian pendidikan
b.
Rasionalisasi perlunya penelitian
c.
Tujuan penelitian pendidikan
d.
Fungsi penelitian pendidikan
e.
Proses penelitian pendidikan
f.
Beberapa keterbatasan penelitian pendidikan
|
III
|
RAGAM
PENELITIAN PENDIDIKAN
|
a.
Metodologi dan metode penelitian
b.
Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
c.
Jenis lingkup penelitian pendidikan
|
IV
|
PERBEDAAN
PENELITIAN KUANTIATIF DAN KUALITATIF
|
1.
Perbedaan
paradigma penelitian
2.
Kapan penelitian
kuantitatif dan kualitatif digunakan
3.
Apakah metode
kuantitatif dan kualitatif dapat digabungkan.
|
V
|
KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
|
a.
Pengertian penelitian kuantitatif
b.
Masalah
penelitian
c.
Rumusan
masalah
d.
Prosedur penelitian kuantitatif
|
VI
|
MASALAH,
FOKUS, JUDUL DAN TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
|
a. Masalah
dalam penelitian kuantitatif
b. Masalah
dan rumusan masalah
c. Judul
penelitian kualitatif
d. Kedudukan
teori dalam penelitian kualitatif
|
VII
|
UJIAN
TENGAH SEMESTER (UTS)
|
|
VIII
|
PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
|
a. Variabel, definisi operasional, dan instrumen penelitian
b. Data sumber data penelitian
c. Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan Simpulan
|
IX
|
PENELITIAN KUALITATIF
|
a. Konsep dasar penelitian kualitatif
b. Tahapan penelitian kualitatif
c. Data penelitian kualitatif
|
X
|
MASALAH,
FOKUS, JUDUL DAN TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
|
e. Masalah
dalam penelitian kualitatif
f.
Fokus
penelitian dan pertanyaan penelitian
g. Judul
penelitian kualitatif
h. Kedudukan
teori dalam penelitian kualitatif
|
XI
|
PENGUMPULAN DATA PENELITIAN
KUALITATIF
|
a. Observasi
b. Wawancara
c. Dokumen
d.
Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik pengumpulan data
|
XII
|
ANALISIS DATA KUALITATIF
|
a. Konsep analisis data kualitatif
b. Penafsiran data kualitatif
c. Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus
|
XIII
|
VALIDITAS
DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUALITATIF
|
a.
Pengertian
b.
Uji validitas
dan reliabilitas penelitian kualitatif
|
XIV
|
PENGECEKAN
KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
|
a. Triangulasi
b. Transferabilitas
c. Confirmabilitas
d. Dependabilitas
|
XV
|
PENGGABUNGAN
METODE PENELITIAN
|
a. Pengertian
b. Tujuan
c. Prosedur
|
XVI
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER (UAS)
|
D. Strategi Pembelajaran
Untuk
mengembangkan sejumlah Kompetensi di atas, Mahasiswa harus mengikuti Proses
Belajar Mengajar (Learning Processes) dan Sejumlah Strategi Pembelajaran
(Learning Strategies) berikut ini:
1.
In-class
Activities (keaktifan dalam Kelas)
a)
Lectures
Presentation (Presentasi Dosen)
b)
Group
& Classroom Discussions (Kelompok Diskusi)
c)
Essay
Presentation (Presentasi Makalah)
d)
Problem
Solving
e)
Active
Learning dan Partisipatoric Learning (Pembelajaran Partisipatorik)
f)
Pembelajaran
Berbasis Portofolio (Portofolio)
2.
Out-class
Activities (Aktivitas di Luar Kelas)
a)
Reading
Assigned texts and go to Library
b)
Information
Searching and Processing
c)
Individual
and Group Assignments
3.
Media Pembelajaran
a)
Whiteboard/Spidol
b) Literatur/bahan pustaka
c) Ruang Kuliah
d) Notebook/LCD
E.
Penilaian
No
|
Components
|
(points)
|
Comments
|
1
|
Attendance (Kehadiran)
|
15 % (10 points)
|
Kehadiran minimal 75 %
|
2
|
Group Presentation
|
25 % (25 points)
|
Terlambat Kumpul Makalah akan mengurangi point anda
|
3
|
Middle Task
|
20 % (20 points)
|
Tepat Waktu
|
4
|
Final Task
|
25 % (20 points)
|
Tepat Waktu
|
5
|
Partisipasi di kelas
|
15 % (15 points)
|
Tepat Waktu
|
Total Points
|
100 % (100 points)
|
|
F. Referensi
Alwasilah, A.
C. 2008.Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ary, Jacobs, danRazavieh. (2000) PengantarPenelitiandalamPendidikan.(Alih Bahasa :Arief Furchan). Surabaya :
Usaha Nasional.
Berg, B.L.
2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson.
Borg Walter, R
& Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction.Sevent
Edition. USA: Library of Congress Catalogingin- Publication Data.
Brannen. 1997.
Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research. Diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta:
PustakaPelajar.
Cartwright
Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman
Inc.
Cresswell,
J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five
Tradition. California: Sage Publications.
Cresswell,
J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational.
Cresswell, J.W. 2008. Educational
Research: Planning, Conductiong, and Evaluating
Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril
Prentice Hall.
Cresswell, J.W.2010. Research
Design:Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE
Publicational.
Denzin, N.K. and
Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fraenkel, Jack R. dan
Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate
Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.
Gall, M.D. et al.
2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A
Teacher’s guide to Classroom Reseach.Buckingham: Open University Press.
Krathwohl, D.R. 1998. Methods
of Educational & Social Science Research An Integrated
Approach. New York: Longman.
Maxwell. 1996. Qualitative
Research Design: an Interactive Approach. California: Sage
Publications
McMillan, J.H dan
Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual
Intro-duction(5th ed.), US, Longman.Inc.
-----------. 2008. Educational
Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson
Merril Prentice Hall.
Miller, C.
2001. Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders
Mills Geoffrey, E.
(2000).Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey.
Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall.
Moleong, L. J.
2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
O’ Brien, R. 1998. An
Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto:
University of Toronto
O’Donoghuedan Punch.
2003. Qualitative Educational Research in Action. London:
RoutledgeFalmer.
Satori dan Komariah.
2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta.
Silverman, David.2005.
Doing Qualitative Research. London: Sage Publications.
Stake, R.E.
1995.The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode PenelitianPendidikan:
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta.
Sukmadinata, N.S..
2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya
Wallace, M.J. 2000. Action
Research for Language Classroom. New York: Cambridge
University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar