Selasa, 08 September 2015

SAP METPEN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah                 : METODOLOGI PENELITIAN PAI-1
Jumlah Kridit               : 2 sks
Semester                    : V D
Fakultas/Jurusan        : FTIK/TMT
Dosen Pengampu       : Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd/NIP.198108012009121004
E-mail                          : guszain@yahoo.co.id/ guszain09@gmail.com
Blog                             : guszainexcellence.blogspot.com/zafazain.blogspot.com
Mobile  Phone             : 082142142232 / (for sms 083846499100)

Standar Kompetensi:
   Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep penelitian ”PAI” serta mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.

A.  Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan agama Islam baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.

B.  Indikator Umum
1.      Menjelaskan pengertian penelitian pendidikan, ruanglingkup dan tujuan.
2.      Mendeskripsikan dan menjelaskan penelitian kuantitatif beserta karakteristiknya.
3.      Mendeskripsikan dan menjelaskan penelitian kualitatif beserta karakteristiknya.
4.      Menunjukkan perbedaan diantara penelitian kualitatif dan kuantitatif.
5.      Memahami secara komprehensif penelitian dalam pendidikan.

C.  Materi Pembelajaran:
PTM
MATERI
SUB MATERI
I
KONTRAK PERKULIAHAN
Kontrak belajar, penjelasan SAP dan sistem pembelajaran.
II
KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN

a.    Pengertian penelitian pendidikan
b.    Rasionalisasi perlunya penelitian
c.    Tujuan penelitian pendidikan
d.    Fungsi penelitian pendidikan
e.    Proses penelitian pendidikan
f.     Beberapa keterbatasan penelitian pendidikan

III
RAGAM PENELITIAN PENDIDIKAN
a.    Metodologi dan metode penelitian
b.    Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
c.    Jenis lingkup penelitian pendidikan
IV
PERBEDAAN PENELITIAN KUANTIATIF DAN KUALITATIF
1.    Perbedaan paradigma penelitian
2.    Kapan penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan
3.    Apakah metode kuantitatif dan kualitatif dapat digabungkan.
V
KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
a.    Pengertian penelitian kuantitatif
b.    Masalah penelitian
c.    Rumusan masalah
d.    Prosedur penelitian kuantitatif
VI
MASALAH, FOKUS, JUDUL DAN TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
a.    Masalah dalam penelitian kuantitatif
b.    Masalah dan rumusan masalah
c.    Judul penelitian kualitatif
d.    Kedudukan teori dalam penelitian kualitatif
VII
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
VIII
PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
a.    Variabel, definisi operasional, dan instrumen penelitian
b.    Data sumber data penelitian
c.    Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan Simpulan
IX
PENELITIAN KUALITATIF
a.    Konsep dasar penelitian kualitatif
b.    Tahapan penelitian kualitatif
c.    Data penelitian kualitatif
X
MASALAH, FOKUS, JUDUL DAN TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
e.    Masalah dalam penelitian kualitatif
f.     Fokus penelitian dan pertanyaan penelitian
g.    Judul penelitian kualitatif
h.    Kedudukan teori dalam penelitian kualitatif
XI
PENGUMPULAN DATA PENELITIAN
KUALITATIF
a.    Observasi
b.    Wawancara
c.    Dokumen
d.    Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik pengumpulan data
XII
ANALISIS DATA KUALITATIF
a.    Konsep analisis data kualitatif
b.    Penafsiran data kualitatif
c.    Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus
XIII
VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUALITATIF
a.    Pengertian
b.    Uji validitas dan reliabilitas penelitian kualitatif
XIV
PENGECEKAN KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
a.    Triangulasi
b.    Transferabilitas
c.    Confirmabilitas
d.    Dependabilitas
XV
PENGGABUNGAN METODE PENELITIAN
a.    Pengertian
b.    Tujuan
c.    Prosedur
XVI
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

D.  Strategi Pembelajaran
Untuk mengembangkan sejumlah Kompetensi di atas, Mahasiswa harus mengikuti Proses Belajar Mengajar (Learning Processes) dan Sejumlah Strategi Pembelajaran (Learning Strategies) berikut ini:
1.      In-class Activities (keaktifan dalam Kelas)
a)    Lectures Presentation (Presentasi Dosen)
b)    Group & Classroom Discussions (Kelompok Diskusi)
c)    Essay Presentation (Presentasi Makalah)
d)    Problem Solving
e)    Active Learning dan Partisipatoric Learning (Pembelajaran Partisipatorik)
f)     Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portofolio)
2.      Out-class Activities (Aktivitas di Luar Kelas)
a)    Reading Assigned texts and go to Library
b)    Information Searching and Processing
c)    Individual and Group Assignments
3.      Media Pembelajaran
a)    Whiteboard/Spidol
b)    Literatur/bahan pustaka
c)    Ruang Kuliah
d)    Notebook/LCD

E.  Penilaian
No
Components
(points)
Comments
1
Attendance (Kehadiran)
 15 % (10 points)
Kehadiran minimal 75 %
2
Group Presentation
25 % (25 points)
Terlambat Kumpul Makalah akan mengurangi point anda
3
Middle Task
20 % (20 points)
Tepat Waktu
4
Final Task
25 % (20 points)
Tepat Waktu
5
Partisipasi di kelas
15 % (15 points)
Tepat Waktu
Total Points
100 % (100 points)


F.   Referensi
Alwasilah, A. C. 2008.Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ary, Jacobs, danRazavieh. (2000) PengantarPenelitiandalamPendidikan.(Alih Bahasa :Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional.
Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson.
Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction.Sevent Edition. USA: Library of Congress Catalogingin- Publication Data.
Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research. Diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Cartwright Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman Inc.
Cresswell, J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five Tradition. California: Sage Publications.
Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational.
Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Cresswell, J.W.2010. Research Design:Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational.
Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.
Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach.Buckingham: Open University Press.
Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman.
Maxwell. 1996. Qualitative Research Design: an Interactive Approach. California: Sage Publications
McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Intro-duction(5th ed.), US, Longman.Inc.
-----------. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Miller, C. 2001. Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders
Mills Geoffrey, E. (2000).Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey. Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall.
Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of Toronto
O’Donoghuedan Punch. 2003. Qualitative Educational Research in Action. London: RoutledgeFalmer.
Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta.
Silverman, David.2005. Doing Qualitative Research. London: Sage Publications.
Stake, R.E. 1995.The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode PenelitianPendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya
Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar