Mata Kuliah : Inovasi Pendidikan Agama Islam
Jumlah Kredit : 2 sks
Semester : II (dua)
Prodi/Konsentrasi : Pendidikan Agama Islam
Dosen Pengampu : Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd
A. Standar
Kompetensi:
Mahasiswa memiliki
kemampuan dan pemahaman tentang konsep inovasi pendidikan agama Islam, serta
mampu mengembangkan dan mengaplikasinnya dalam proses pembelajaran di sekolah/madrasah.
B. Kompetensi
Dasar:
Setelah proses pembelajaran mahasiswa diharapkan
dapat:
1.
Menjelaskan konsep dan teori tentang inovasi
Pendidikan Agama Islam
2.
Melakukan inovasi metode, model pembelajaran dan
penilaian pendidikan agama Islam
3.
Menerapkan dan mengembangkan berbagai metode, model
dan strategi pembelajaran PAI
4.
Menganalisis berbagai hambatan atau kendala dalam
inovasi pendidikan agama Islam.
C. Indikator
Hasil Belajar:
1.
Tingkat
partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar berupa antusiasme tanya
jawab dan memberikan tanggapan (feedback).
2.
Kemampuan
menyampaikan konsep, ide, gagasan serta analisis secara kritis.
3.
Kemauan
menyelesaikan tugas individu atau kelompok berupa analisis konseptual dan
kasus.
D. Materi
Pembelajaran
No
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Orientasi Perkuliahan
|
Ceramah/TJ
|
2
|
Performani Guru PAI sebagai
innovator pendidikan Agama Islam
|
Makalah/presentasi
|
3
|
Hakikat Inovasi (Pengertian,
Fungsi dan Tujuan dan Karakterisik Inovasi) dalam Pendidikan Agama Islam
|
Makalah/presentasi
|
4
|
Inovasi Model Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam
|
Makalah/presentasi
|
5
|
Inovasi Strategi Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam
|
Makalah/presentasi
|
6
|
Model Inovasi PAI
|
Makalah/presentasi
|
7
|
Model Full Days School di
Lembaga Pendidikan Islam (LPI)
|
Makalah/presentasi
|
8
|
Integrasi Kurikulum Nasional
dengan Cambridge/Luar Negeri di LPI
|
Makalah/presentasi
|
9
|
Integrasi lembaga pendidikan
dengan pesantren
|
Makalah/presentasi
|
10
|
Inovasi Model Penilaian PAI
|
Makalah/presentasi
|
11
|
Sekolah Islam Berbasis Alam
|
Makalah/presentasi
|
12
|
Pendidikan Berbasis Kompetensi
|
Makalah/presentasi
|
13
|
Pendidikan Agama Islam berbasis
Multikultural
|
Makalah/presentasi
|
14
|
Inovasi dalam Organisasi/Lembaga
Pendidikan Islam
|
Makalah/presentasi
|
15
|
Peran strategis Inovator dalam
Lembaga Pendidikan Islam
|
Makalah/presentasi
|
16
|
Inovasi dalam Implementasi
kurikulum PAI
|
Makalah/presentasi
|
E. Strategi Pembelajaran
No.
|
Langkah Pembelajaran
|
Orientasi Pembelajaran
|
1.
|
Pembukaan sekaligus perkenalan diri pengajar baru (self introduction)
|
Brandstorming untuk membangun komunikasi emosional pra-subtansi pembelajaran
|
2.
|
Penyampaian materi secara individual (ceramah)
|
Pendalaman materi bagi mahasiswa
|
3.
|
Proses tanya jawab antara dosen dengan mahasiswa
|
Pengayaan materi bagi mahasiswa terhadap kemungkinan perkembangan
pengetahuan subtansi yang relevan.
|
4.
|
Penugasan analisis kasus (case
analysis) secara berkelompok
|
Memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap subtansi materi secara
teoritis dan aplikatif.
|
5.
|
Review sekilas materi
|
Penguatan daya ingat mahasiswa
|
6.
|
Penutupan proses pembelajaran
|
Tanda berakhirnya penyampaian materi
|
F. Media, Bahan dan Alat:
1.
LCD
2.
Lap
Top
3.
Kertas
Kerja Kelompok (untuk penugasan kelompok)
4.
Papan
tulis (white board) dan spidol.
4.
Penilaian
NO.
|
KOMPONEN
|
POINT
|
1
|
Kehadiran
|
15 % (15
points)
|
2
|
Presentasi
|
15 % (15
points)
|
3
|
Tugas
|
25 % (25
points)
|
4
|
Middle-Term Paper
|
20 % (20
points)
|
5
|
Final-Term Paper
|
25 % (25
points)
|
Total Points
|
100 % (100 points)
|
DAFTAR PUSTAKA
Algensido.Silberman,
L. Melvin. 2006. Active Learning. Bandung: Nusamedia.
Cece Wijaya, Djaja Jajuri, A. Tabrani Rusyam (1991) Upaya
Pembaharuan dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT.
Deporter,
Bobbi. et.al. 2003. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Djamaludin
Ancok, Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi, Gelora Aksara Pratama,
Bandung
Everett M. Rogers. 1983 Diffusion of Innovation.
New York: The Free Press A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.
Eviline
Siregar, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia
Francis Abraham,1980. Perspective on Modernization toward General
Theory of Third World Development. Washington: University
Hamid
Darmadi, 2010. Kemampuan Mengajar, Bandung, Alfabeta
Ibrahim,
1988. Inovasi
Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, Dikti, P2LPTK
Idris HM. Noor, 2001. Sebuah
Tinjauan Teoritis Tentang Inovasi Pendidikan di Indonesi.
Ismail,
2008. Strategi Pembelajaran PAI Berbasis PAIKEM, Semarang, Rasail.
Kokom
Kumalasari, 2010, Pembelajaran Kontekstual, Refika Aditama, Bandung
M.
Sulton, 2009. Membangun Semangat Kerja Guru, Yogyakarta, Pressindo, 2009
Mattew B. Miles (1964) Innovation in Education, Bureau
of Publication Teacher College. Columbia University New York.
Muhaimin,
2003, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Nuansa, Bandung
--------------,
2004, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Jogyakarta
--------------,
2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Grafindo Persada, Jakartaung
--------------,
2007. Rekontruksi Pendidikan Islam, Grafindo Persada, Jakarta
Nicholls, R. 1983. Managing
Educational Innovation. London.
George, Allen and Unwin. Press of America.
Roger M. & Shoemaker F. Floyd, 1971. Comunication of Inovation. New York: The
Free Press A Division of Macmillan Publishing Co.Inc.
Sudjana,
Nana dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensido.Silberman, L. Melvin. 2006. Active Learning. Bandung:
Nusamedia.
Sudjana,
Nana dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: SinarBaru
Udin
Syaefudin Sa’ud, 2010. Inovasi Pendidikan, Alfabeta, Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar