Selasa, 08 Oktober 2013

DESAIN PEMBELAJARAN PAI


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN PAI

Mata Kuliah                  : Desain Pembelajaran PAI
Komponen/SKS          : MKU
Program Studi             : PAI   
Bobot                             : 2 SKS
Dosen Pengampu      : Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd/ Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I

Email                              : guszain@yahoo.co.id


A.   Standar Kompetensi:
Mahasiswa memiliki pemahaman, keterampilan dan kemampuan operasional dalam mendesain pembelajaran PAI

B.   Kompetensi Dasar:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi berupa:
1.    Mampu memahami secara filosofis dan operasional tentang desain pembelajaran PAI.
2.    Mampu membuat rencana pembelajaran pendidikan agama Islam.
3.    Mampu menentukan metode dan strategi pendidikan agama Islam
4.    Mampu membuat dan mengembangkan model pembelajaran PAI.

C.   Indikator Hasil Belajar: 
  1.       Tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar berupa antusiasme        tanya jawab (positive feedback learning).
  2.       Kemampuan menyampaikan konsep, ide, gagasan serta analisis-kritis.
  3.  .   Kemauan menyelesaikan tugas individu atau kelompok berupa analisis konseptual       dan kasus.

D.   Materi Pembelajaran:

PTM
Materi Pembelajaran
Metode
1
Orientasi perkuliahan dan kontrak belajar.
Brainstorming
2
Pengertian, tujuan, langkah-langkah merancang pembelajaran PAI
Ceramah/TJ
3
Pendekatan Sistem dalam Pengembangan Pembelajaran PAI
Diskusi/Presentasi
4
Syarat Perancang Pembelajaran PAI
Diskusi/Presentasi
5
Karakteristik Pendidik dan Peserta didik
(Memahami dan Menganalisis Gaya belajar Peserta didik dan Gaya mengajar Pendidik)
Diskusi/Presentasi
6
Model-model desain pembelajaran
Diskusi/Presentasi
7
Ruang Lingkup dan Karakteristik Mata Pelajaran  (MP) PAI
Diskusi/Presentasi
8
Langkah Penyusunan Prota, Prosem/Promes dan Kalender Akademik.
Diskusi/Presentasi
9
Analisis Tujuan, Kompetensi dan langkah-langkah pengembangan Indikator pembelajaran PAI
Diskusi/Presentasi
10
Perbedaan Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Diskusi/Presentasi
11
Analisis Materi Pembelajaran PAI
Diskusi/Presentasi
12
Strategi Pemilihan Media Pembelajaran PAI
Diskusi/Presentasi
13
Pengembangan Silabus PAI
Diskusi/Presentasi
14
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI.
Diskusi/Presentasi
15
Desain Program Remidial PAI
Diskusi/Presentasi
16
Pengembangan Bahan Ajar (Modul) PAI.
Tugas/Portofolio

E.    Langkah Pembelajaran:

No.
Langkah Pembelajaran
Orientasi Pembelajaran
1.
Pembukaan sekaligus perkenalan diri pengajar baru (self introduction)
Brandstorming untuk membangun komunikasi emosional pra-subtansi pembelajaran
2.
Penyampaian materi secara individual (ceramah)
Pendalaman materi bagi mahasiswa
3.
Proses tanya jawab antara dosen dengan mahasiswa
Pengayaan materi bagi mahasiswa terhadap kemungkinan perkembangan pengetahuan subtansi yang relevan.
4.
Penugasan analisis kasus (case analysis) secara berkelompok
Memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap subtansi materi secara teoritis dan aplikatif.
5.
Review sekilas materi
Penguatan daya ingat mahasiswa
6.
Penutupan proses pembelajaran
Tanda berakhirnya penyampaian materi

F.    Metode:
Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini bersifat kolaboratif yang meliputi:
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab/diskusi
3.    Penugasan/portofolio

G.   Media, Bahan dan Alat:
1.    LCD
2.    Laptop
3.    Kertas Kerja Kelompok (untuk penugasan kelompok)
4.    Papan tulis (white board) dan spidol.

H.    Penilaian:
Penilaian didasarkan pada tiga komponen penilaian : Penugasan (resitasi), UTS dan UAS dengan Bobot 30%, 20% dan 50%. Nilai minimal lulus adalah C+. Mahasiswa  karena suatu alasan atau lain hal tidak menyerahkan tugas dan atau belum mengikuti ujian (UTS, UAS) sampai batas tertentu akan diberi nilai BL (Belum Lengkap). Kalau tugas yang diwajibkan belum diselesaikan juga sampai batas tertentu kemudian nilai BL secara otomatis akan diganti menjadi nilai TL (Tidak Lulus) dan mahasiswa yang bersangkutan harus mengulang kuliah ini tahun depan.

I.      Referensi:
Ahmad Tafsir. 1998. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda, Bandung.
Benny A. Pibadi, Model Desain Sistem Pembelajaran, Dian Rakyat.
Charles M. Reigeluth, 1983. Instructional Design Theories and Models. Syracuse University.
Dewi Salma Prawiradilaga, 2007. Prinsip Desain Pembelajaran: Instructional Design Principle. Jakarta. UNJ
Harjanto, 1997. Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Karti Soeharto, dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran, (Pendekatan Sistem, Konsepsi dan Model SAP, SIC, Surabaya
Muhaimin dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Citra Media, Surabaya.
--------------------, 1999. Paradigma Pendidikan Islam. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Oemar Hamalik, 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Jakarta.
Patricia L. Smith Tillman, J. Ragan, Instructional Design, The university of Oklahomma.
Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar, DEPDIKBUD, Jakarta.
Walter Dick & Lou Carey, The Systematic Design of Instruction, University of south Florida.
Zakiyah Daradjat dkk, 2000. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar