SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN PAI
Mata Kuliah : Desain Pembelajaran PAI
Komponen/SKS : MKU
Program Studi : PAI
Bobot : 2 SKS
Dosen Pengampu : Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd/ Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I
Email : guszain@yahoo.co.id
A. Standar Kompetensi:
Mahasiswa memiliki pemahaman, keterampilan dan kemampuan
operasional dalam mendesain pembelajaran PAI
B. Kompetensi Dasar:
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi berupa:
1.
Mampu memahami secara
filosofis dan operasional tentang desain pembelajaran PAI.
2.
Mampu membuat rencana
pembelajaran pendidikan agama Islam.
3.
Mampu menentukan metode
dan strategi pendidikan agama Islam
4.
Mampu membuat dan mengembangkan
model pembelajaran PAI.
C. Indikator Hasil
Belajar:
- Tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar berupa antusiasme tanya jawab (positive feedback learning).
- Kemampuan menyampaikan konsep, ide, gagasan serta analisis-kritis.
- . Kemauan menyelesaikan tugas individu atau kelompok berupa analisis konseptual dan kasus.
D. Materi Pembelajaran:
PTM
|
Materi Pembelajaran
|
Metode
|
1
|
Orientasi perkuliahan dan kontrak belajar.
|
Brainstorming
|
2
|
Pengertian, tujuan, langkah-langkah merancang
pembelajaran PAI
|
Ceramah/TJ
|
3
|
Pendekatan Sistem dalam Pengembangan
Pembelajaran PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
4
|
Syarat Perancang Pembelajaran PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
5
|
Karakteristik Pendidik dan
Peserta didik
(Memahami dan Menganalisis Gaya
belajar Peserta didik dan Gaya mengajar Pendidik)
|
Diskusi/Presentasi
|
6
|
Model-model desain pembelajaran
|
Diskusi/Presentasi
|
7
|
Ruang Lingkup dan
Karakteristik Mata Pelajaran (MP) PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
8
|
Langkah Penyusunan Prota, Prosem/Promes
dan Kalender Akademik.
|
Diskusi/Presentasi
|
9
|
Analisis Tujuan, Kompetensi dan langkah-langkah pengembangan
Indikator pembelajaran PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
10
|
Perbedaan Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran
|
Diskusi/Presentasi
|
11
|
Analisis Materi Pembelajaran PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
12
|
Strategi Pemilihan Media Pembelajaran PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
13
|
Pengembangan Silabus PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
14
|
Pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI.
|
Diskusi/Presentasi
|
15
|
Desain Program Remidial PAI
|
Diskusi/Presentasi
|
16
|
Pengembangan Bahan Ajar (Modul) PAI.
|
Tugas/Portofolio
|
E. Langkah Pembelajaran:
No.
|
Langkah
Pembelajaran
|
Orientasi
Pembelajaran
|
1.
|
Pembukaan
sekaligus perkenalan diri pengajar baru (self
introduction)
|
Brandstorming
untuk membangun komunikasi emosional pra-subtansi pembelajaran
|
2.
|
Penyampaian
materi secara individual (ceramah)
|
Pendalaman
materi bagi mahasiswa
|
3.
|
Proses tanya
jawab antara dosen dengan mahasiswa
|
Pengayaan
materi bagi mahasiswa terhadap kemungkinan perkembangan pengetahuan subtansi
yang relevan.
|
4.
|
Penugasan
analisis kasus (case analysis)
secara berkelompok
|
Memperkuat
pemahaman mahasiswa terhadap subtansi materi secara teoritis dan aplikatif.
|
5.
|
Review
sekilas materi
|
Penguatan
daya ingat mahasiswa
|
6.
|
Penutupan
proses pembelajaran
|
F. Metode:
Metode
yang digunakan dalam perkuliahan ini bersifat kolaboratif yang meliputi:
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab/diskusi
3.
Penugasan/portofolio
G.
Media, Bahan dan Alat:
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Kertas Kerja Kelompok
(untuk penugasan kelompok)
4.
Papan tulis (white board) dan spidol.
H. Penilaian:
Penilaian
didasarkan pada tiga komponen penilaian : Penugasan (resitasi), UTS dan UAS
dengan Bobot 30%, 20% dan 50%. Nilai minimal lulus adalah C+. Mahasiswa karena suatu alasan atau lain hal tidak
menyerahkan tugas dan atau belum mengikuti ujian (UTS, UAS) sampai batas
tertentu akan diberi nilai BL (Belum Lengkap). Kalau tugas yang diwajibkan
belum diselesaikan juga sampai batas tertentu kemudian nilai BL secara otomatis
akan diganti menjadi nilai TL (Tidak Lulus) dan mahasiswa yang bersangkutan
harus mengulang kuliah ini tahun depan.
I. Referensi:
Ahmad Tafsir. 1998. Metodologi
Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda, Bandung.
Benny A. Pibadi, Model Desain Sistem Pembelajaran, Dian Rakyat.
Charles
M. Reigeluth, 1983. Instructional Design Theories and Models. Syracuse
University.
Dewi Salma Prawiradilaga, 2007. Prinsip
Desain Pembelajaran: Instructional Design Principle. Jakarta. UNJ
Harjanto, 1997. Perencanaan Pengajaran,
Rineka Cipta, Jakarta.
Karti Soeharto, dkk. 2003. Teknologi
Pembelajaran, (Pendekatan Sistem, Konsepsi dan Model SAP, SIC,
Surabaya
Muhaimin dkk. 1996. Strategi
Belajar Mengajar, Citra Media, Surabaya.
--------------------, 1999.
Paradigma Pendidikan Islam. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Oemar Hamalik, 2003. Perencanaan
Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Jakarta.
Patricia
L. Smith Tillman, J. Ragan, Instructional Design, The university of
Oklahomma.
Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar, DEPDIKBUD, Jakarta.
Walter
Dick & Lou Carey, The Systematic Design of Instruction, University
of south Florida.
Zakiyah Daradjat dkk, 2000. Metodik
Khusus Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar